Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Komunikasi Dalam Jaringan – Kali ini saya akan membahas tentang Komunikasi dalam jaringan, seperti biasanya kamu sering menggunakan komunikasi dalam jaringan seperti Skype, dengan menggunakan skype kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui jaringan. Oleh karena itu Komunikasi dalam jaringan sangat dibutuhkan dalam hidup kita.

Proses komunikasi dalam jaringan dapat berupa pengiriman file, gambar, video, audio, dan lain sebagainya. Untuk komunikasi dalam jaringan, handphone ataiu komputer adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan dalam komunikasi ini. dan dibawah ini merupakan materi tentang komunikais dalam jaringan lengkap.

1). Komunikasi Dalam Jaringan adalah – Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerima pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikais yang terjadi didunia semu disebut komunikasi dunia maya atau cyberspace. Pada jaman sekarang, perkembangan komunikasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

2). Fungsi Komunikasi Dalam Jaringan :

#1). Informasi – Informasi memang dibutuhkan oleh setiap orang, baik itu pribadi maupun khalayak ramai. Fungsi komunikasi dalam jaringan dalam hal informasi :

a). Menyediakan Informasi tentang peristiwa dan kondisi dalam masyarakat dan dunia.

b). Menunjukan hubungan tingkat-tingkat otoritas.

c). Memudahkan Inovasi, adaptasi, dan kemajuan.

d). Memuaskan rasa ingin tahu dan mencari minat.

e). Pengembangan ilmu pada diri.

#2). Korelasi/Hubungan – Dibawah ini merupakan fungsi komunikasi dalam jaringan dalam hal Korelasi/Hubungan.

a). Menjelaskan, menafsirkan, mengomentari makna peristiwa dan informasi.

b). Melakukan Sosialisasi.

c). Menunjang otoritas dan norma-norma yang mapan.

d). Menentukan Urutan prioritas dan memberikan status relatif.

e). Membantu menjalankan peran sosial.

#3). Hiburan – Komunikasi dalam jaringan berfungsi sebagai suatu hiburan bukan hanya untuk berkomunikasi saja. Dibawah ini merupakan fungsi komunikasi dalam jaringan dalam hal Hiburan.

a). Menyediakan hiburan pengalihan perhatian, dan sarana ralaksasi.

b). Meredakan ketegangan sosial.

c). Bersantai.

d). Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis.

e). Ekspresi diri.

3). Tujuan Komunikasi Dalam Jaringan – Komunikasi dalam jaringan memiliki beberapa tujuan. Dibawah ini merupakan tujuan komunikasi dalam jaringan.

  • Sharing Resources – Kita dapat membagi sumber yang ada dalam arti dapat digunakan secara bersama-sama seperti program, peralatan, atau periferal lainnya sehingga dapat dimanfaatkan setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa harus terpengaruh oleh lokasi.
  • Media Komunikasi – Dapat memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna jaringan, Baik itu untuk teleconference, Instant messaging, chatting. Mengirim surat elektronik (e-mail), maupun mengirim informasi penting lainnya.
  • Integrasi Data – Dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, setiap proses dapat tidak harus dilakukan pada satu komputer saja melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya atau dengan kata lain dapat dikerjakan oleh komputer-komputer lain yang ada dalam jaringan.
  • Keamanan Data – Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data melalui pengaturan hak akses pengguna dan password, serta teknik perlindungan yang lainnya. Jika terjadi kerusakan yang parah pada komputer, kita dapat mengakses kembali dengan menggunakan jaringan yang telah dibuat.
  • Web Browsing – Hampir setiap orang pernah menggunakan Web Browser (seperti Internet explorer, Mozila Firefox, Netscape, Opera, dan lain sebagainya). Web Browser memungkinkan kita untuk melihat informasi yang ada didaalam web server disuatu tempat didalam internet.
  • Menghemat Tenaga, Biaya, dan Waktu – Dengan komunikasi dalam jaringan, kita dapat menghemat tenaga, karena tidak perlu mobilitas fisik. Juga menghemat waktu karena pengiriman data via jaringan komputer (Internet) berlangsung sangat cepat, hanya dalam hitungan detik.

Demikian artikel tentang Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Komunikasi Dalam Jaringan yang bisa kamu pelajari dan kamu juga bisa menggunakan-nya disekolah sebagai bahan ajar. Apabila ada kata atau review yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar yang telah disediakan Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s